Bagi anda yang ingin mendapatkan penghasilan tambahan dari forex tapi tidak punya waktu untuk trading sendiri, saya menyediakan Forexcopy/Copytrade. Anda cukup menyediakan modalnya saja (mulai dari $10), ikuti trading forex saya secara otomatis (tanpa perlu trading sendiri), nikmati profit dan cashback yang masuk rekening Bank seperti yang saya terima.  

Minggu, 05 Agustus 2018

Mencatat Pengeluaran dan Pemasukan Keuangan Pribadi

Saya mempunyai seorang teman yang mencatat semua pemasukan dan pengeluaran uangnya. Dari mulai beli makan, bensin, pulsa semuanya dicatat. Apakah anda termasuk yang seperti itu? Kalau saya sendiri hanya mencatat pemasukan saja sedangkan pengeluaran tidak pernah saya catat.

Saya mencatat pemasukan saja karena itu berhubungan dengan keyakinan saya, bahwa ada hak orang lain yang harus kita keluarkan dengan cara membayar zakat. Memang ada yang berpendapat dibayar setelah dikurangi pengeluaran kita, tapi saya tetap pada prinsip saya sendiri, zakat penghasilan saya bayar setiap awal bulan dengan menghitung pemasukan bulan lalu.

Saya tidak mau membahas lebih jauh mengenai zakat, karena keterbatasan ilmu dan pengetahuan yang saya miliki. Yang akan saya sampaikan di postingan kali ini adalah mengenai bagaimana saya mengelola keuangan yang tidak pernah saya catat itu.

Yang saya lakukan hanya mengikuti petuah guru SD saya dulu. Beliau memberikan nasihat ketika saya menikah yang kurang lebih seperti ini "penghasilan kecil pengeluaran sedikit, kalau ada peningkatan penghasilan pengeluaran tetap sedikit agar ada simpanan untuk kebutuhan nanti"

Jadi dari prinsip itu saya hanya menghitung pemasukan saja, kemudian masalah pengeluaran saya hanya kira-kira saja, tetapi saya yakin tidak pernah melebihi dari pemasukan. Intnya kita harus bisa mengendalikan untuk agar tidak timbul pengeluaran yang tidak perlu

Tidak ada komentar:

Posting Komentar